Aksi Gotong Royong Pemuda IP3L Mewujudkan Jalan TPU

Karyamandala, Aksi kepedulian diperlihatkan oleh Ikatan Pemuda Pemudi Peduli Lingkungan (IP3L) sebuah perkumpulan pemuda Dusun Karyamandala yang peduli akan kebutuhan masyarakat akan akses jalan menuju Tempat Pemakaman Umum ( TPU).

Ketua IP3L  Nurhabudin alias Ocot mengatakan bahwa wacana tentang pembangunan jalan makam sudah lama direncanakan tapi sampai saat ini sudah bertahun-tahun tak kunjung terwujud. Setiap tahun selalu masuk agenda pembangunan pemerintah Desa tapi realitanya selalu nol. Salah satu alasannya adalah belum beresnya soal pembebasan lahan.

Pemerintah desa sendiri bersikukuh akan membangun jalan tersebut apabila lahan yang akan di bangun jalan sudah bebas. Pemerintah Desa sendiri menyerahkan tentang pembebasan lahan tersebut pada masyarakat, karena setiap anggaran pembangunan yang turun untuk masyarakat tidak ada anggaran untuk pembebasan lahan.

Melihat kondisi tersebut salah satu anggota IP3L berinisiatif untuk melakukan lergerakan dalam rangka mewujudkan jalan makam tersebut.

Jalan makam ini merupakan kebutuhan masyarakat yang penting karena yang meninggal tidak tahu kapan dan waktunya. Tidak mungkin seseorang meninggal menunggu jalan ini beres. Sehingga kalau terus nanti dan nanti kapan jalan ini akan terbangun.tutur Iip

Iip bersama anggota IP3L yang lain bersepakat akan menghimpun dana swadaya dari masyarakat untuk mewujudkan jalan makam ini. Cara penggalangannya dilakukan oleh pemuda di tiap RT didusun Karyamandala dengan cara door to door setiap minggu sampai jalan ini terwujud. Bahkan ke depannya, mereka berencana akan mengelola TPU ini sehingga TPU ini tertata dengan baik.

Gotong royong pemuda IP3L dan mayarakat.

Pada hari jumat tanggal 22 Maret kemarin proses mewujudkan jalan makam sudah dimulai. Pekerjaan dimulai dengan membuat TPT untuk lembuatan jembatan. Pekerjaan tersebut dilakukan dengan cara gotong royong pemuda IP3L beserta masyarakat.

Para pemuda dan mayarakat sedang kerja bakti

Mudah-mudahan dengan adanya inisiatif dari pemuda serta gotong royong masyarakat jalan menuju TPU segera terwujud.

Facebook Comments
News Reporter

Tinggalkan Balasan