Deklarasi ODF Desa Karyamandala Menuju Desa Sehat

Deklarasi ODF Desa Karyamandala.

Senin, 25 Februari 2019 bertempat di Aula Desa Karyamandala dilaksanakan Deklarasi ODF (Open Defection Free) atau bebas buang air besar sembarangan. Deklarasi ini merupakan komitmen bersama antara Pemerintah Desa Karyamandala bersama Lembaga-lembaga Desa serta masyarakat Desa Karyamandala.

Deklarasi ODF Desa Karyamandala.

Acara deklarasi tersebut dihadiri oleh kepala Puskesmas Kecamatan Salopa dan juga Kabid Kesehatan Lingkungan dari Dinas Kesehatan Kabupaten Tasikmalaya. Menurut kepala desa Karyamandala Maman Zabir dengan adanya deklarasi ODF ini diharapkan masyarakat yang ada di Desa Karyamandala dapat tumbuh kesadarannya untuk tidak buang air besar sembarangan. Diharapkan mulai saat ini tidak ada lagi masyarakat yang buang air besarnya ke sungai, kolam atau di kebun.

 

Adapun untuk masyarakat yang belum punya akses sanitasi di rumahnya diarahkan untuk sharing atau ikut ke sarana umum, yang penting masyarakat buang air besar di tempatnya. Selain itu Pemerintah Desa Karyamandala berencana akan membantu masalah ini dengan menganggarkan dana sebesar kurang lebih 10% dari dana desa untuk anggaran pembuatan sepic tank bersama atau jamban umum.

 

Jadi yang Pertama Berkomentar

Tinggalkan Balasan