Penyaluran Program BPNT Bagi RTM di Desa Karyamandala

Penyerahan bahan pangan berupa beras oleh Direktur Bumdes Apipudin, S.Pd.I kepada KPM.

Karyamandala. Bantuan Pangan Non Tunai (BPNT) merupakan program bantuan pangan dari pemerintah yang diberikan kepada KPM (Keluarga Penerima Manfaat) setiap bulannya melalui mekanisme akun elektronik yang digunakan hanya untuk membeli pangan di e-warong KUBE PKH/ pedagang bahan pangan yang bekerjasama dengan Bank Rakyat Indonesia. BPNT bertujuan untuk mengurangi beban pengeluaran serta memberikan nutrisi yang lebih seimbang kepada KPM secara tepat sasaran dan tepat waktu.

Data KPM penerima program BPNT diambil dari data BDT yang masuk dalam program PKH dan program KKS/Rastra Non PKH. Jumlah KPM penerima program BPNT di Desa Karyamandala berjumlah 462 KPM terdiri dari 194 KPM masuk dalam kategori PKH dan 268 KPM masuk dalam program KKS/Rastra Non PKH.

Penyerahan bahan pangan berupa beras oleh Direktur Bumdes Apipudin, S.Pd.I kepada KPM.

Pencairan atau penyaluran bahan pangan dari program BPNT di desa Karyamandala dilaksanakan hari ini pada tanggal 16 Desember 2018. Penyaluran program BPNT dilakukan oleh e-warong milik Bumdes Karyamandala. Jadwal proses pencairannya dibagi dalam 5 sesi berdasarkan KPM per-dusun.  Sesi pertama dimulai pukul 08.00-10.00 pencairan dari KPM Dusun Laksanamekar. Sesi kedua pukul 10.00-12.00 KPM dari Dusun Barengkok. Sesi Ketiga mulai pukul 12.30-14.00 KPM dari dusun Karyamandala. Sesi keempat mulai pukul 14.00-16.00 KPM dari dusun Cikembang 1. Dan terakhir sesi lima KPM dari Cikembang 2 dari pukul 16.30-18.00.

Proses pencairan kartu BPNT oleh KPM di e-warong Bumdes

Jumlah Bantuan yang diperoleh oleh KPM tiap bulannya berjumlah Rp. 110.000,-. Nantinya KPM menggesek kartu BPNT di Agen BRILink di e-warong yang telah ditentukan. Setelah kartu digesek maka akan keluar struk/bukti pengambilan. Nantinya, struk inilah yang ditukarkan dengan bahan pangan berupa beras dan telur.

 

Jadi yang Pertama Berkomentar

Tinggalkan Balasan