Penyerahan Benih Manggis dan Kacang Panjang Kepada RTM Penerima Program “Bekerja”

Penyerahan benih kacang panjang dan juga manggis oleh TKSD Karyamandala kepada warga kurang mampu
Seorang warga dari Dusun barengkok sedang ,memberi pakan ayam.

Karyamandala, Program Bedah Kemiskinan Rakyat Sejahtera atau yang disingkat “Bekerja” merupakan program bersama antara dinas sosial beserta Kementrian Pertanian dan peternakan. Bagi RTM yang menerima bantuan mendapatkan bibit ayam kampung sebanyak 50 ekor beserta pakannya dan juga benih manggis dan kacang panjang beserta pupuknya. Di desa Karyamandala penerima bantuan Program Bekerja ini ada sebanyak 263 KK.

Untuk tahap pertama, RTM penerima program telah mendapatkan bantuan 50 bibit ayam KUB/RTM, penyaluran bantuan bibit ayam telah di salurkan pada tanggal 14 Agustus 2018. Bersama dengan turunnya ayam turun juga berbagai peralatannya, diantaranya: tempat open, lampu berikut kabel dan saklarnya,tempat pakan ayam, tempat minum ayam, peralatan untuk kandang, dan juga pakan ayam.

Penyerahan benih kacang panjang dan juga manggis oleh TKSD Karyamandala kepada warga kurang mampu

Setelah sekitar 4 bulan, turun kembali bantuan bagi RTM penerima program bekerja, yaitu berupa benih kacang panjang, dan manggis. Jika pada bantuan bibit ayam tiap RTM mendapat bantuan masing-masing satu bok ayam dengan jumlah rata-rata 50 ekor, maka untuk benih kacang panjang tiap RTM mendapat jatah yang berbeda tergantung luas tanah yang dimiliki RTM. Ada yang mendapat satu bungkus dan ada juga yang mendapatkan 2 bungkus benih kacang panjang. Satu bungkus benih kacang panjang berjumlah 200 biji benih kacang panjang.

Dusun Laksanamekar
Dusun Karyamandala 

Secara simbolis penyerahan benih kacang panjang dan benih manggis dilakukan di halaman kantor Desa Karyamandala oleh TKSD, Pak Jumanto. Sedangkan suntuk selanjutnya benih-benih tersebut langsung dibagikan  kepada RTM penerima manfaat oleh Kepala Dusun masing-masing. Menurut Pak Jumanto program pemerintah ini bertujuan unuk meningkatkan ekonomi masyarakat miskin dengan menambah penghasilan bagi RTM dari hasil ternak ayam dan juga hasil pertanian berupa kacang panjang dan juga manggis. Oleh karena itu program ini perlu pendampingan yang serius dari para ahli dan juga petugas dari puskeswan yang ada di sekitar Salopa agar program ini berhasil sesuai tujuan pemerintah.

Jadi yang Pertama Berkomentar

Tinggalkan Balasan