Pesona Alam Curug Cibarengkok

Karyamandala, Satu lagi destinasi wisata yang ada di Desa Karyamandala yaitu Curug Cibarengkok. Terletak di Dusun Barengkok berjarak kurang lebih sekitar 3 Km dari Kantor Desa Karyamandala Curug Cibarengkok menyajikan pemandangan air terjun yang indah dengan suasana yang sejuk dan asri. Curug ini terdiri dari dua tingkatan: Tingkatan pertama terlihat sangat tinggi sekali, kurang lebih sekitar 50 meter. Dibawah curug tingkat pertama ini terdapat kubangan yang dapat dipakai untuk berenang atau hanya sekedar merasakan derasnya kucuran air terjun. Tingkatan kedua air terjunnya tidak begitu tinggi hanya sektitar 7 meter saja. Aliran air pada ingkatan kedua langsung bersatu dengan aliran air sungai Cimedang.

Aliran air Curug Cibarengkok.

Destinasi wisata ini terbilang masih alami karena belum ada sentuhan tangan-tangan manusia. Suasana alam dengan suara kicauan burung dan gemiriciknya aliran air sungai yang masih sangat bersih diterpa dengan tiupan angin sepoi-sepoi membuat siapa saja yang berkunjung ke Curug Cibarengkok akan malas untuk pulang. Jika kebetulan air sungai tidak besar maka anda pun bisa berenang, karena tepat di bawah Curug terdapat aliran Sungai Cimedang yang kedalaman airnya cukup untuk dipakai berenang orang dewasa.

Beberapa orang sedang berenang menikmati segarnya air Sungai Cimedang tepat dibawah Curug Cibarengkok.

Untuk sampai di Curug Cibarengkok ini perlu perjuangan ekstra, apalagi jika kebetulan hujan turun. Karena Akses jalan yang menuju Curug Cibarengkok ini masih berupa tanah, belum di aspal atau di beri batuan. Tapi keadaan akses jalan seperti ini menjadi tantangan bagi para pecinta motor trail adventure. Tak jarang, hampir tiap pekan jalan menuju ke curug ini selalu dilalui oleh para trailer.

Melihat potensi wisata Curug Cibarengkok ini, maka Pemerintah Desa Karyamandala berencana untuk mengembangkan potensi wisata tersebut. Sebagai rencana awal, pada tahun 2019 akses jalan menuju ke Curug Cibarengkok InsyaAlloh akan segera dibangun minimal ada pengerasan jalan. Dengan dorongan Bumdes dan juga Karang Taruna serta lembaga-lembaga desa dan juga lembaga masyarakat, serta dukungan dari warga Desa Karyamandala mudah-mudahan Curug Cibarengkok dapat menjadi ikon wisata Desa karyamandala.

Facebook Comments
News Reporter

Tinggalkan Balasan