Malam Penutupan Bimtek Sideka Gelombang III Tahap 2

Kang Irman sedang menutup Pelatihan Sideka

Bimbingan dan pelatihan Sistem Informasi Desa dan Kawasan (SIDEKA) Gelombang III tahap 2 yang dimulai dari tanggal 29 sampai dengan tanggal 31 Oktober 2018, semalam resmi ditutup oleh Direktur BP2DK Kang Irman Meiladi. Pada Pelatihan Sideka Gelombang III tahap 2 ini diikuti oleh 50 desa dari 6 Kecamatan. Keenam Kecamatan itu terdiri dari: Kecamatan Salopa, Kecamatan Sodong Hilir, Kecamatan Jatiwras, Kecamatan Tanjung Jaya, Kecamatan Padakembang, dan Kecamatan Kadipaten. Jumlah peserta secara keseluruhan berjumlah 100 orang karena dari tiap desa mengirimkan 2 orang perwakilan, yaitu satu orang dari aparatur desa dan satu orang lagi non aparatur desa.

Pada penutupan malam tadi, Kang Irman menjelaskan akan pentingnya para pandu untuk tetap secara kontinu menginformasikan segala sesuatu baik itu informasi, data kependudukan, anggaran keuangan ataupun potensi desanya. Kegiatan para pandu dalam menginformasikan data desanya melalui web desanya masing-masing akan terus dipantau memalui dashboard sideka. Pemantauan ini bukan hanya dilakukan oleh BP2DK tetapi juga dipantau oleh para petinggi negara sebagai pemangku kebijakan.

Direktur BP2DK Kang Irman Meiladi menutup acara Pelatihan Sistem Informasi Desa Gelombang III tahap 2.

Sebagai contoh ada tawaran kerjasama dari Direktur Jendral Kebudayaan untuk mengajak para Pandu Desa se Kabupaten Tasikmalaya untuk mengidentifikasi dan mendokumentasikan objek-objek kebudayaan yang ada di desanya. Untuk tahap pertama para pandu cukup mengirimkan informasi berupa berita atau tulisan ke web desanya masing-masing. Harapannya tahap pertama ini, dapat dilihat pada tanggal 5 November.

Untuk Selanjutnya, di tahap kedua, para pandu desa diminta identifikasi dan mendokumentasikan objek0objek kebudayaan daerahnya dalam bentuk tulisan, audio dan audio visual. Tahap kedua ini akan dinilai pada saat kongres kebudayaan bulan Desember 2018. Tulisan yang terbaik akan mendapat penghargaan dan kepala desanya akan diundang pada kongres kebudayaan.

Pada penutupan malam tadi, disematkan juga penghargaan untuk peserta terbaik dalam pengelolan umum sideka, pengelolaan keuangan, pengelolaan pemetaan, dan juga pengelolaan berita. Untuk wakil dari Kecamatan Salopa alhamdulila mendapatkan penghargaan sebagai peserta terbaik dalam pengelolaan keuangan yang diperoleh oleh Desa Mandalahayu.

 

 

Jadi yang Pertama Berkomentar

Tinggalkan Balasan