Ketua RT 02/01 Dusun Laksanamekar Pembuat Tatakan Kue Perlu Bantuan Modal

Kang Ade pengrajin tatakan kue berharap pemerintah membantu usahanya, kususnya dalam permodalan.
Kang Ade pengrajin tatakan kue berharap pemerintah membantu usahanya, kususnya dalam permodalan.

Jika kita datang ke acara resepsi pernikahan atau acara khitanan pasti kita akan melihat kue pengantin yang dipajang di atas meja. Ada yang bertingkat-tingkat ada juga yang hanya satu tingkat. Untuk menyusun kue pengantin yang bertingkat ataupun yang hanya satu tingkat pasti akan membutuhkan dasar/tatakan untuk meletakkan kue tersebut.

Di Desa Karyamandala tepatnya di Dusun Laksanamekar RT 02/01, ada seorang pengrajin pembuat tatakan kue. Adalah Kang Ade yang dengan tekun memulai usahanya sebagai pembuat tatakan kue sejak 2 tahun yang lalu. Kang Ade merupakan ketua RT 02/01 Dusun Laksanamekar merintis usahanya dengan melibatkan keluarga, yaitu istri dan juga anaknya yang turut bekerja untuk membuat tatakan kue.

Ada berbagai macam bentuk dan ukuran tatakan kue yang dibuat oleh kang Ade. Ada yang berbentuk lingkaran, kotak persegi, bintang, ataupun yang lainnya sesuai dengan pesanan pembuatan. Ukuran tatakan kue pun beraneka macam mulai dari ukuran 12 sampai 40 bisa dipesan.

Karyawan Kang Ade yang merupakan anaknya sedang membuat tatakan kue.

 

Harga tatakan kue buatan Kang Ade cukup terjangkau. Tatakan kue yang paling murah dihargai Rp. 40.000/lusin, dan paling tinggi Rp. 150.000/lusin. Tentunya harga tergantung ukuran dan bentuk tatakan kue.

Tatakan kue buatan Kang Ade sudah dipasarkan disekitar wilayah kabupaten dan kota Tasikmalaya. Dalam seminggu selalu ada saja pesanan yang datang baik dari pelanggan ataupun dari perorangan. Sampai saat ini Kang Ade rata-rata selalu dapat pesanan sebanyak 100-150 lusin/minggu.

Kang Ade tentunya menginginkan usahanya berkembang, namun ada kendala yang dihadapai. Kendala yang cukup utama adalah masalah modal. Untuk itu Kang Ade berharap kepada Pemerintah setempat, ataupun kepada Dinas terkait agar dapat membantu masalah permodalannya.

Jadi yang Pertama Berkomentar

Tinggalkan Balasan