Hari Ke-2 Bimtek Sideka Dihadiri Kepala BPBD Kabupaten Tasikmalaya

Kepala BPBD H. Wawan R Efendy, SE MM sedang membahas Bumdes pada Bimtek Sideka tahap 2 di Desa Mandalamekar

Mandalamekar, Selasa, (29-10-2018), Hari ke-2 Bimtek Sideka dihadiri oleh Kepala BPBD Kabupaten Tasikmalaya H. Wawan R Efendy, SE, MM. Beliau mengisi hari ke-2 Bimtek dengan membahas masalah Bumdesa yang ada di Kabupaten Tasikmalaya. Selain itu juga beliau sedikit membahas tentang penanggulangan bencana yang sering terjadi akhir-akhir ini di negara kita.

Mengenai perkembangan Bumdes, beliau menerangkan bahwa di setiap desa diharapkan Bumdes bisa berjalan dan berkembang sesuai yang diharapkan. Sehingga nantinya Desa bisa mandiri dan memiliki Pendapatan Desa.

Untuk mengembangkan Bumdesa maka Desa dapat mengenali potensi Desa Masing-masing. Oleh karena itu, pemetaan dalam potensi desa sangat diperlukan.

Kepala BPBD H. Wawan R Efendy, SE MM sedang membahas Bumdes pada Bimtek Sideka tahap 2 di Desa Mandalamekar

Sedangkan untuk masalah penanggulangan bencana, beliau mengingatkan agar masyarakat selalu diingatkan untuk siaga bencana. Sehingga ketika bencana datang maka korban jiwa bisa diminimalisir. Tentunya, bukan mengharapkan bencana tapi lebih kewaspadaan kita dalam mengatasi bencana.

Foto bersama Kepala BPBD Kab.Tasikmalaya H. Wawan R Efendy (tampak belakang tengah) dengan Pandu Desa dari Kecamatan Salopa.

Untuk mengedukasi masyarakat akan siaga bencana, Kepala BPBD menyarankan kepada Desa agar dapat menganggarkan dari dana DD untuk mengalokasikan dananya untuk pemberdayaan masyarakat agar siaga bencana. Kegiatannya dapat berupa sosialisasi, ataupun simulasi bencana.

Jadi yang Pertama Berkomentar

Tinggalkan Balasan